Lestarikan Budaya Sasak, Danramil Kopang Gelar Komsos Kreatif

Lombok Tengah, Talikanews.com – Dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif sekaligus meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dan memperkokoh kedaulatan NKRI, Koramil 1620-03/Kopang dengan Komandoi Danramil Kapten Infanteri Ali Murtono beserta seluruh Babinsa menyelenggarakan kegiatan Komsos Kreatif pertandingan Presean di Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Rabu, (11/9).

Pada kesempatan tersebut Danramil 1620-03/Kopang Kapten Infanteri Ali Murtono mengatakan, kegiatan ini semata-mata sebagai ajang silaturrahmi antar sesama dan menjadi motivasi bagi generasi muda agar lebih menyukai olahraga, khususnya dalam melestarikan budaya daerah sendiri sehingga sedikit banyaknya dapat mengurangi kegiatan-kegiatan negatif di dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Pertarungan Presean ini memang sangat memacu Adrenalin tetapi para pemainnya sangat professional dalam menggunakan senjata rotan yang bisa melukai tubuh petarung hingga mengeluarkan darah namun, pertarungan dalam tradisi peresean Lombok ini bukan sembarang pertarungan. Ada nilai patriotisme yang mendalam tentang suku sasak Lombok,” ucap Danramil Kopang.

Selain itu menurut Danramil Kopang, seiring perkembangan zaman dan perkembangan daerah Lombok sebagai daerah wisata, tradisi Peresean bukan hanya untuk ritual dan acara kerajaan, tetapi juga menyediakan daya tarik luar biasa untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung, karena ini bukan merupakan pertarungan yang biasa dan mengandung makna filosofis yang kuat, para petarung dalam tradisi senior ini diwajibkan menggunakan baju adat Lombok.

“ Maka dari itu mari kita sama sama lestarikan budaya adat Sasak ini yaitu Presean jangan sampai hilang dan harus punya generasi penerusnya,” pungkasnya.(TN-01)

Related Articles

Back to top button