Daerah

Kadisbuspar Loteng Sarankan Revisi RTRW Jangan Mengacu Kajian Ilmiah Kebaratan

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat akan merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Adanya rencana tersebut, menjadi sorotan Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Putria menyarankan kajian itu jangan mengacu pada kajian ilmiah keberatan saja.

“Pemkab bekerja sama dengan CV. Adi Cipta supaya dalam merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) supaya tidak mengacu hanya pada kajian ilmiah kebaratan saja,” ungkapnya Senin (9/9).

Putria pun membongkar literasi alam dan budaya, jangan sampai penataan ruang di wilayah Lombok khususnya Kabupaten Lombok Tengah ini keluar dari konteks adat dan budaya sasak karena dari leluhur sudah di ajarkan tentang alam.

“Atas nama masyarakat dan kepala dinas, sangat mengapresiasi langkah itu. Tapi, menyarankan dalam merevisi RTRW dan KLHS itu, gunakan metode adat dan budaya yang kita miliki,” kata dia.

Dia juga menyinggung masih adanya Tambang di kawasan wisata yang belum bisa di tata dan kelola sesuai fungsinya. Untuk itu, dirinya menyarankan kepada semua pihak sadar akan bahayanya tambang bagi kehidupan generasi mendatang.

“Seharusnya lokasi tambang itu menjadi perhatian khusus dalam revisi RTRW itu,” tutupnya. (TN-03)

Related Articles

Back to top button