Politik

DPRD Loteng Gelar Paripurna Penetapan Fraksi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Tengah, menggelar sidang paripurna penetapan Fraksi-fraksi, di Gedung Utama DPRD, Jum’at (6/9).

Selaku Ketua DPRD sementara, M. Tauhid didampingi Wakil Ketua sementara H Lalu Kelan mengatakan, penetapan Fraksi-fraksi ini untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi serta hak-hak angota Dewan periode 2019-2024.

Pada kesempatan itu, M.Tauhid membacakan sembilan nama Fraksi yang sudah ditetapkan sesuai SK dari masing-masing partai politik . Ada Tujuh Fraksi utuh di antaranya Fraksi Gerindra, Golkar, PKB, PPP, PKS, Demokrat dan PPB. Sedangkan dua Fraksi gabungan yakni Nasdem dengan PDIP, dan gabungan Hanura, PAN, Berkarya.

”Fraksi ini akan merumuskan rancangan tata tertib (Tatib) untuk membentuk alat kelengkapan dewan (AKD),” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Tim Perumus Rancangan Tatib ini akan bekerja kurang lebih selama dua minggu kedepan terhitung sejak ditetapkan sampai tanggal 19 September 2019. Tatib itu sebagai landasan hukum pembentukan AKD untuk menetapkan pimpinan Dewan definitif.

“Setelah Tatib ada dasar dasar bentuk AKD. Disana kami akan bahas dengan Sekwan jadwal pelantikan pimpinan definitif periode 2019 – 2024,” kata dia.

Mengenai siapa yang akan menjadi Ketua, Wakil Ketua nantinya merupakan tugas Sekretariat Dewan bersurat ke Partai Gerindra, Golkar, PKB dan PPP untuk mendapatkan nama-nama yang diusulkan partai.

“Setelah itu, nama-nama tersebut disampaikannya ke Bupati dan Gubernur untuk di definitifkan,” tutupnya. (TN-03*)

Related Articles

Back to top button