Lifestyle

Kapten Suliono Beri Wawasan Kebangsaan Kepada Finalis Duta Lingkungan 2019

Lombok Utara, Talikanews.com – Memasuki 20 besar finalis Duta Lingkungan tahun 2019 panitia Audisi memilih Hotel Diva Lombok Resort yang berlokasi di Kelui Kabupaten Lombok Utara sebagai tempat karantina di mulai tanggal 22-24 Agustus 2019 dan saat ini ke 20 finalis itu sedang di tempa hak dan kewajiban sebagai Duta Lingkungan.

Perwira Seksi Intelijen Kapten Infanteri Suliono S.IP yang hadir di tempat acara mewakili Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanto S.E.,M.I.Pol, memberikan pembekalan finalis Duta Lingkungan NTB 2019 dengan materi wawasan kebangsaan dan kecintaan tanah air Indonesia.

Dalam pembekalan tersebut, Suliono menjelaskan tentang Dasar Negara RI Pancasila adalah merupakan konsensus kenegaraan Indonesia dan saat ini terdapat banyak tantangan dalam menegakkan Pancasila dan UUD 1945, baik Internal maupun Eksternal.

Jadi, setiap warga negara wajib mengimplementasikan sudut pandang tentang diri dan tanah airnya demi penyelenggaran kehidupan bermasyarakat dengan baik, “contoh seperti apa yang para Finalis lakukan sekarang ini,” tutur Suliono saat memberikan pembekalan kepada Finalis Duta Lingkungan.

Lanjutnya, Suliono menjelaskan selama dua hari kedepan mulai dari tanggal 22-24 agustus 20 finalis duta lingkungan itu akan mendapatkan pelatihan dasar tentang hak dan kewajiban sebagai finalis Duta Lingkungan 2019 serta 4 Pilar kebangsaan.

Tak hanya itu pembekalan para finalis, Suliono juga mengatakan pembekalan 4 Pilar kepada para Finalis merupakan keharusan sebagai warga Negara yang baik sebagai bekal kecintaan terhadap tanah air serta dapat memaknai Kebhinekaan Tunggal Ika.

“Ia 4 Pilar ini kan sudah menjadi landasan di Negara kita jadi para Finalis ini harus kita bekali sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, Undang undang dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI” ujar Suliono.

Untuk diketahui kegiatan Audisi Duta Lingkungan tahun 2019 ini puncak grand finalnya akan diselenggarakan di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukeliang Utara Kabupaten Lombok Tengah dilanjutkan dengan kegiatan penghijuan.(TN-00)

Tags

Related Articles

Back to top button