Daerah

Konstruksi Baypass 16 Lajur BIL-Kuta Lombok Mulai 2020

Mataram, Talikanews.com – Pemprov NTB terus mematangkan rencana pembangunan infrastruktur jalan khususnya jalan cepat akses dari BIL menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta Lombok. Dimana, konstruksi diperkirakan mulai 2020, persiapan menyambut perhelatan MotoGP 2021.

Adapun anggaran yang di persiapkan untuk pembangunan jalan serta pembebasan lahan mencapai Rp 1,3 Triliiun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ir. H. Azhar menjelaskan, saat ini sedang berupaya pembebasan tanah yang masih bermasalah. Anggaran pembebasan lahan di siapkan Balai Jalan Nasional (BJN) dengan Rp 147 Miliar yang targetkan tuntas bulan Desember tahun ini.

“Karena tahun 2020 harus di mulai pembangunan konstruksi. Saat ini pihak-pihak terkait sedang berupaya tuntaskan urusan pembebasan lahan. Karena tahun 2021 sudah siap di gunakan,” ungkapnya, Jumat (16/8).

Dia memaparkan panjang jalan yang akan di bangun dari BIL ke Mandalika sepanjang 17 Kilometer dengan lebar 50 meter dengan 4 jalur dan 16 lajur.

“Ini di siapkan untuk berbagai jenis kendaraan, terutama nanti kendaraan cargo bagi tim pembalap MotoGP,” kata dia.

Mantan kepala BPBD NTB itu optimis pembebasan lahan tuntas pada bulan Desember tahun ini. Pemkab Loteng bersama BPN juga telah membuat Apraisal harga lahan. (TNI-04)

Tags

Related Articles

Back to top button