Daerah

Musim Kemarau Tiba, PDAM Loteng Himbau Pelanggan Hemat Air

Lombok Tengah, Talikanews.com-Memasuki kemarau panjang khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Tengah berdampak pada menurunnya debit mata air yang di kelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Loteng.

Seperti yang di sampaikan Direktur Umum PDAM H. Sahim ketika meninjau lokasi sumber mata air Aik Bone yang berada di Desa Aik Bukak dan mata air Tibu Nangklok 1 dan 2 Desa Aik Berik Kecamatan Batu Keliang Utara Selasa (13/08) mengatakan bulan ini sudah mulai masuk musim kemarau dan tentu semua debit mata air menurun sekitar 25% sampai 35%.

“Akibat dari musim kemarau ini debit mata air yang ada di 4 titik di Loteng itu sekarang sudah mulai menurun dan imbasnya ke pelayanan yang kurang maksimal jadi kita siasati dengan cara bergiliran,” terang Dirum PDAM H. Sahim.

Turunnya debit air ini lanjut H. Sahim murni faktor alam dan ini terjadi setiap memasuki musim kemarau akan tetapi ia berharap kamarau tahun ini tidak panjang dan sekarang Tim sedang mencari sumber mata air baru di danau biru Desa Tanak Beak sebagai alternatif sumber mata air.

“Jadi saya himbau kepada semua pelanggan kami untuk betul-betul menghemat air dan kita berharap tahun ini jangan sampai kemarau panjang,” ujarnya.

Senada dengan yang di sampaikan Direktur Tekhnik PDAM Sukemi Adiantara SH, menurutnya bisa juga nanti pada puncak kemarau di bulan September debit air itu bisa berkurang sampai 50% tapi pihaknya akan terus pantau sumber mata air yang ada dab akibat gempa, yang kemarin berpengruh terhadap penyusutan mata air yang ada di lokasi tersebut.

“Bisa saja nanti di punjak musim kemarau debit air itu bisa berkurang sampai 50%,” tutup Sukemi. (TN-03)

Tags

Related Articles

Back to top button