Nasional

Pejuang Kemerdekaan NTB Hadir di Jumpa Zul-Rohmi

Mataram, Talikanews.com – Kegiatan Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi atau biasa disingkat Jangzulmi Jumat 9 Agustus 2019, berbeda dengan Jumpa Zul-Rohmi sebelumnya. Dimana, kali ini para pejuang kemerdekaan (Veteran) hadir dihadapan Gubernur NTB, rangkaian kegiatan dari Peringatan HUT RI ke 74 yang bertemakan SDM Unggul Indonesia Maju.

Selain pejuang kemerdekaan dari Provinsi NTB, hadir juga Mahasiswa, Pelajar serta masyarakat umum.
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengapresiasi para veteran yang hadir pada acara Jangzulmi saat itu. Dia berharap pemuda pemudi NTB bisa meniru dan mencontoh kedisplinan serta hal-hal positif yang veteran NTB tunjukan.

“Mudah-mudahan kehadiran para veteran ini, mengingatkan kita pada satu pesan penting bahwa kemerdekaan yang kita rasakan pada hari ini tidak diperoleh dengan begitu saja,” ungkapnya.

Dr Zul mengungkapkan hari kemerdekaan 17 Agustus agar dapat dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengingat bahwa kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran veteran dan para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Indonesia.

“Semangat kepahlawanan yang mereka tularkan itu luar biasa, cara disiplin militer itu persoalan hidup dan mati,” kata dia.

Zul menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi akan terus meningkatkan komunikasi dengan para veteran sehingga segala sarana dan kebutuhan veteran kedepannya dapat dipenuhi.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dihadapan para pelajar dan mahasiswa tidak henti-hentinya menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Posyandu di dusun diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam penanganan kesehatan.

“Tidak hanya masalah kesehatan saja, narkoba juga, masalah pernikahan dini, untuk pendewasaan usia perkawinan, ilegal logging dan kebencanaan itu dapat disosialisasi melalui posyandu,” tutur Hj. Rohmi.

Disatu sisi, Ketua DPD Legiun Veteran RI Provinsi NTB, Abdul Kadir mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi atas terselenggaranya Jangzulmi hari ini. Menurutnya, ini merupakan kesempatan yang bagus dalam menyampaikan aspirasi langsung kepada Pemerintah Provinsi.

Acara Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi seperti biasa juga diramaikan dengan pertanyaan dan saran yang membangun dari siswa dan mahasiswa yang turut hadir. Mereka dengan antusias memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan permasalahan serta ide dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Diakhir acara, salah satu perusahaan bergelut di bidang jejaring memberikan bantuan berupa seekor sapi kurban kepada Pemerintah Provinsi NTB yang kemudian diteruskan kepada DPD Legiun Veteran RI Provinsi NTB. (TN-04)

Related Articles

Back to top button