JK Resmikan Sekolah Ramah Gempa, Ini Kata Gubernur NTB

Mataram, Talikanews.com – Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla meresmikan sekolah dan masjid ramah gempa yang merupakan program pemulihan bencana gempa Lombok melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Pada kesempatan itu, JK menyampaikan kedatangannya selaku ketua umum PMI adalah upaya menanggulangi masyarakat yang terkena musibah bencana Lombok setahun lalu.

“Yang jelas, PMI bantu masyarakat yang ada kesulitan,” ungkapnya di Mataram Sabtu (3/8).

Dia mengatakan, tugas PMI membantu, memfasilitasi dan mencarikan bantuan ketika ada masyarakat dalam kesulitan dan bekerja ikhlas saat masyarakat mengalami kesulitan.

“Selama ini, PMI telah menyalurkan bantuan kesehatan, peralatan dan kebutuhan bagi korban gempa Lombok. Termasuk, telah membangun sarana sekolah juga sarana ibadah seperti masjid, dibeberapa titik di Lombok,” kata dia.

Menurutnya, membangunkan masyarakat sarana pendidikan terutama korban gempa bumi merupakan bentuk perhatian akan pentingnya pendidikan generasi muda yang harus cepat di perbaiki. Jika sekolah tidak segera diperbaiki maka sama artinya menunda masa depan generasi muda.

“PMI hadir untuk bantu pemerintah perbaiki perumahan. Terima kasih kepada TNI yang telah membantu masyarakat bangunkan perumahan, sehingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di NTB bisa berjalan sesuai waktu yang diharapkan. Karena, tanpa keterlibatan pihak-pihak lain maka pekerjaan itu susah berjalan,” ujarnya.

Ditegaskan bahwa, PMI tidak pernah berharap ada bencana. Akan tetapi, PMI selalu siap membantu korban bencana. Contoh Jumat malam terjadi gempa bumi di Banten, Lampung. Disana PMI terdepan membantu masyarakat.

“Semoga bencana itu tidak membuat kerusakan seperti yang terjadi sebelumnya di daerah lain,”cetusnya sembari mengatakan, tanpa solidaritas nasional maka bencana gempa sulit diatasi.

Pengurus PMI Pusat, Dwi Hartanto mengulas bahwa setahun lalu Lombok NTB umumnya dikejutkan gempa bumi yang merugikan masyarakat baik secara materil dan non materil. Sehingga PMI turut membantu penuhi kebutuhan seperti air bersih, pelayanan kesehatan, logistik dan lainnya.

Tidak hanya itu, PMI juga bangun sekolah, tempat ibadah dan rumah ramah gempa sesuai perintah ketua umum PMI. Setiap sekolah dibangun lengkap seperti enam ruang kelas, ruang guru dan ruangan lainnya.

“Untuk sekolah, PMI telah bangun 5 sekolah sebagian ada di Lombok Timur dan 3 masjid. Kini sudah selesai dikerjakan dan itulah yang diresmikan oleh ketua umum PMI HM Jusuf Kalla sekaligus penanda tanganan prasasti,” terang dia.

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah mengatakan, PMI sudah hadir bersama rakyat sejak awal Lombok di landa gempa dan mampu kurangi beban masyarakat juga beban pemerintah daerah.

“PMI yang pertama hadir ketika gempa Lombok terjadi,” tuturnya sembari menyampaikan terima kasih atas support dan bantuan dari PMI, mudahan sumbangan ke NTB semakin banyak. (TN-04)

Related Articles

Back to top button