Untuk Membangun Pemilu Jurdil Dan Pengawasan Partisipatif, K3P Akan gelar Dialog Terbuka

Sumbawa Barat, Talikanews.com -Menghadapi kontestasi Pemilu 2019 mendatang banyak faktor-faktor yang mendukung dalam rangka menjadikan pesta demokrasi itu menjadi ajang yang berproses secara jujur, adil dan bertanggung jawab sehingga hasilnya juga akan menjadi berkwalitas. Salah satunya menurut Direktur Utama Komunitas Kajian Kebijakan Publik (K3P), Hendry Kusnadi adalah membangun komitmen para pihak termasuk yang terpenting dari para kontestan itu sendiri.

“Kami berharap semua parpol di daerah dan para caleg baik kabupaten, provinsi, pusat dan juga calon DPD RI bersedia menyediakan waktunya untuk turut urung rembug di forum Dialog Terbuka ini nanti yang akan kami gelar tanggal 26 Desember 2018 di Taman Tiangnam Taliwang dan undangan telah kami sampaikan kepada seluruh pimpinan parpol seminggu yang lalu sehingga persiapan untuk hari H tinggal setting tempat dan perlengkapan acaranya saja,” ujarnya.

” Dan K3P sebagai perwakilan kelembagaan masyarakat yang banyak bergerak dalam bidang literasi dan kajian ini memandang perlu memfasilitasi dan memberikan kesempatan kepada para pihak untuk berperan serta dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membangun komunikasi semacam ini untuk melahirkan kesepakatan bersama sehingga tujuan-tujuan yang ingin dicapai dapat terealisasi,” imbuhnya.

Dialog Terbuka yang mengangkat tema “Membangun Pemilu Jurdil dan Pengawasan Partisipatif untuk Pemilu 2019” ini digagas oleh K3P bersama KPUD dan Bawaslu Sumbawa Barat, ini bertujuan untuk mendapatkan komitmen para pihak untuk membangun pemilu yang jujur dan adil, lalu nantinya diharapkan akan menelurkan ide bagaimana melakukan pengawasan partisipatif yang efektif.

Selanjutnya dalam dialog ini akan memberikan kesempatan kepada para kontestan dalam memberikan pandangan bagaimana meningkatkan fungsi kelembagaan legislatif dalam membangun daerahnya. Kemudian tujuan yang terakhir kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi dan memperkenalkan para kontestan kepada masyarakat.

Secara teknis dialog terbuka ini adalah komunikasi interaktif para pihak untuk mengerucutkan tema. Ada kesepakatan bersama yang ingin kita hasilkan sebagai upaya mencapai sebagaimana tujuan diatas.

Para kontestan berkesempatan untuk memberikan gagasan, pandangan dan masukan kemudian akan dikomentari oleh pihak-pihak lain yang dihadirkan dalam dialog ini termasuk dari komisioner KPUD dan Bawaslu, anggota dewan, unsur pemerintah, akademisi dan juga dari audiens yaitu masyarakat umum.

” Bupati dan Ketua DPRD kita, ikut mendukung kegiatan ini, sehingga output yang dihasilkan di kegiatan ini nanti akan terimplementasi dengan baik. Insya Allah, Bupati dan Ketua DPRD Sumbawa Barat akan menjadi Nara sumber utama dialog terbuka ini,” bebernya.

Sementara itu Syamsuryadi Jibez yang ditunjuk sebagai Ketua Penyelenggara Dialog Terbuka Ini mengatakan bahwa forum ini sangat tepat dijadikan selain sebagaimana tujuan utamanya, juga sebagai literasi kepada publik karena akan banyak ilmu dan pengetahuan yang akan muncul dari para pihak yang sangat berkompeten nantinya.

Jibez sangat optimis semua parpol dan para pihak yang diundang akan tumpek blek di arena ini untuk bersama-sama memberikan input dan output sebagai upaya menjaga kondusifitas pemilu, menjalin silaturahmi dan juga sebagai upaya membangun daerah kita tercinta ini.

Demikian juga Ketua KPUD Sumbawa Barat Fahroni, SH ikut menerangkan, bahwa secara kelembagaan mereka menyambut baik dan positif inisiatif dari teman-teman K3P ini, sehingga secara bersama-sama kami berupaya keras mensukseskan acara ini.

” Kami melihat forum ini sangat tepat menjadi wadah bertemunya keseragaman pandangan dalam rangka menjadikan pemilu 2019 nanti sebagai pemilu yang menyenangkan,” tambahnya.

Begitu juga dengan Ketua Bawaslu Sumbawa Barat Haerudin, ST dalam kesempatan itu juga mengungkapkan,” Pengawasan partisipatif ini adalah jawaban terhadap upaya membangun pemilu yang jurdil dan forum dialog terbuka ini membuka ruang untuk itu,” ujarnya singkat.(TN-06)

Related Articles

Back to top button