Kominfo KSB Imbau Warga Saring Medsos Hoax

Sumbawa Barat, Talikanews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat terus mengantisipasi kemunculan berita-berita hoax (berita tidak benar) yang banyak beredar di media sosial dan online. Khususnya berita hoax yang mengandung potensi konflik ditingkat lokal.

Kepala Diskominfo Kabupaten Sumbawa Barat Drs. Burhanuddin mengatakan berita hoax sangat membahayakan kondusivitas daerah. Terlebih lagi juga berita yang cenderung berkonten adu domba atau mengandung muatan SARA. Namun dalam hal penindakan, pihaknya Harus menunggu tindaklanjut dari pemerintah pusat khususnya Kemenkominfo.

“Kami di daerah hanya melakukan langkah-langkah pencegahan. untuk melakukan tindakan yang lebih tinggi tentunya menunggu kebijakan lebih pasti dari pemerintah pusat soal bagaimana menindak berita-berita hoax karna kami di daerah lebih kepada pencegahan,” ungkapnya Senin (19/11).

Sampai saat ini, ia memantau berita hoax yang berpotensi menyulut konflik di Kabupaten Sumbawa barat masih belum ada. Hanya saja, isu-isu di tingkat nasional terbilang membahayakan bagi integrasi masyarakat. Adapun isu-isu hoax di tingkat Daerah KSB belum ada yang menonjol.

“Penyebar hoax bisa kena sanksi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Maka dari itu, warga diharapkan bisa lebih hati-hati dalam memanfaatkan media sosial,” tutupnya. (TN-06)

Related Articles

Back to top button