Target PKB Dan BBNKB Rp 107 Miliar, Bapenda Loteng Gelar OPGAB

Foto: Tampak salah seorang pegawai Bapenda Loteng saat OPGAB di Wilayah Kec. Praya.

Lombok Tengah, Talikanews.com – Memasuki triwulan akhir tahun 2018, Badan Pendapatan Daerah(Bapenda) bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar Operasi Gabungan (Opgab) demi menertibkan perpajakan kendaraan bermotor untuk memenuhi target pajak Rp 107 Miliar.

“Pendapatan dari hasil pajak PKB dan BBNKB baru 74,5 persen. Hal itu membuat kita gencar Opgab supaya mencapai 100 persen,” ungkap Kasubag Tata Usaha (KTU) Bapenda Lombok Tengah, Sedah, Selasa (2/10).

Dia menjelaskan, dari dua item yang ditangani daerah, yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraam Bermotor (BBNKB). Khusus PKB sendiri ditargetkan Rp 52 Miliar, saat ini dalam persentase baru 73 persen diakhir september 2018.

“Sedangkan untuk BBNKB memilki target 55 Miliar, sudah terpenuhi 76 persen, perakhir september 2018 yang berarti surplus 1 persen di triwulan ke tiga tahun ini,” kata dia.

Sedah menuturkan, untuk memenuhi capaian penertiban pajak kendaraan bermotor tersebut, Bapanda terus sosialisasi pajak Bapenda Lombok Tengah menggandeng dunia pendidikan untuk menyadarkan warga agar taat pajak.

“Kita gunakan pelajar sosialisasi agar lebih efisien dan meneruskan informasi kepada orang tuanya,” ujar dia.

Hasil Operasi Gabungan sepanjang tahun 2018, pembayaran pajak khususnya kendaraan bemotor baru mencapai 69 persen dari kendaraan roda dua sebanyak 74 persen dan roda empat sendiri sebanyak 64 persen yang melunasi pajaknya. Sedangkan sisa pembayaran yang belum terluasi, Blanko STNK masih menjadi tahanan Bapenda Lombok Tengah. (TN-02)

Related Articles

Back to top button