Pariwisata

ITDC Tekad Berdayakan Masyarakat Penyangga Kawasan Wisata

Lombok Tengah, Talikanews.com – Sebagai wujud program pemberdayaan masyarakat di kawasan proyek wisata The Mandalika, PT ITDC berkomitmen akan memberdayakan masyarakat penyangga di sekitar KEK The Mandalika. Hal ini setelah ada pertemuan antara warga Desa Kuta dengan pihak PT ITDC, di Kuta Kamis (20/9).

Adi Sujono Prawoto, Deputi Project Direktor KEK Mandalika, mengatakan, bahwa PT ITDC melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa kuta sebagai upaya terkait dengan beberapa isu yang muncul mengenai keluhan masyarakat mengenai Tenaga Kerja, Kurangnya Keterlibatan Desa, Tokoh, dan masyarakat Desa Kuta dalam pengembangan KEK Pariwisata Mandalika.

“ITDC akan menyikapi terkait pelaporan bahwa pemenang tender agar dapat berkoordinasi dengan perangkat desa dan akan mengadakan pertemuan pada suatu forum untuk membahas mengenai isu yang sedang berkembang di Desa Kuta terkait pengembangan dan pembangunan di Proyek the Mandalika,” terangnya saat di hubungi via Whatsapp.

Selain itu, Adi Sujono menambahkan, ITDC akan bekerja sama dengan pihak pemenang tender dalam melakukan perekrutan tenaga kerja unruk memprioritaskan warga lokal dari Desa Penyangga. Disamping itu, ITDC akan meningkatkan hubungan silaturahmi dengan perangkat Desa Penyangga dan meningkatkan peran kehumasan khusus proyek.

“Pada prinsipnya pihak ITDC kedepannya bersedia untuk melakukan MoU dengan desa-desa penyangga khususnya Kuta,” tukasnya.

Sementara Lalu Badaruddin Kades Kuta mengatakan, banyak mendapat laporan dan keluhan dari warganya bahwa yang tinggal disekitar kawasan KEK Mandalika Resort merasa tidak diperhatikan dalam memperoleh pekerjaan sebagai tenaga kerja di proyek proyek yang dikerjakan oleh pihak rekanan/kontraktor dalam membangun kawasan KEK Mandalika Resort.

“Selaku kepala Desa, pihaknya meminta PT ITDC untuk memf├ásilitasi agar rekanan/kontraktor dapat mempekerjakan lebih banyak tenaga lokal,” pungkasnya. (TN-03)

 

Related Articles

Back to top button