Nasional

Diperintahkan Jokowi, Gubernur Pengganti TGB Ini Jawab Siap

Mataram, Talikanews.com – Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih, Dr Zulkiflimansah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah resmi dilantik Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta Rabu (19/9), untuk melaksanakan tugas sebagai kepala daerah di NTB periode 2018-2023.

Usai Gubernur NTB terpilih yang menggantikan Tuan Guru Bajang (TGB) itu diminta oleh Presiden untuk melanjutkan sisa pekerjaan yang belum tuntas yakni penanganan korban gempa Lombok – Sumbawa.

Dimana, bagi Jokowi, kerja tersebut diantaranya menyelesaikan proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga serta fasilitas publik yang terdampak bencana gempa yang melanda Lombok dan Sumbawa.

“Langsung bekerja karena di Provinsi Nusa Tenggara Barat ada persoalan besar yang segera harus diselesaikan yaitu rehabilitasi dan rekontruksi rumah-rumah yang kemarin menjadi korban gempa,” ujar melalui relis Sekneg.

Presiden juga meminta agar proses rehabilitasi segera diselesaikan dengan baik dan cepat. Soal dana rehabilitasi yang belum bisa dicairkan, Presiden menyampaikan harus mengikuti prosedur dan proses pencairan.

“Inikan step-nya satu per satu,” kata dia.

Dikatakan Jokowi, jika memang dana sudah siap dan selesai di verifikasi tentu pemerintah akan segera mencairkannya.

“Kalau belum kan proses lapangan, ada verifikasi, nanti diberikan lagi. Kan prosesnya seperti itu. Ada proses dong, masak, nih, nih, nih, nih. Ada prosedurnya,” ujar dia.

Terkait hal itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dikonfirmasi mengatakan proses rehabilitasi dampak gempa membutuhkan perhatian yang serius dari pemerintah. Karena itu, ia memastikan proses rehabilitasi dan rekonstruksi di NTB akan berjalan baik.

Selanjutnya, dia menyampaikan Pemprov NTB bakal segera melakukan koordinasi pemerintah di tingkat kabupaten/kota yang terdampak gempa.

“Seperti Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan juga Pulau Sumbawa,” ujar dia.

Sebelumnya, Wakil Gubenur terpilih, Hj.Sitti Rohmi Djalillah meminta media massa untuk terus membantu dalam memberikan informasi kepada masyarakat mengenai masalah penanganan pasca gempa di NTB. Karena, melalui pemberitaan yang bagus dan baik dalam rangka mempercepat pemulihan menuju NTB bangkit.

“Tidak bisa dipungkiri media massa sangat berperang penting dalam mempercepat pemulihan pasca gempa menuju NTB bangkit,” pintanya Jumat (14/9).

Bagi dia, berita-berita sekiranya akan membuat masyarakat tidak kondusif supaya tidak diekspose. Terlebih menyangkut masalah bantuan yang dianggap belum merata padahal sudah tersalurkan dengan baik.

Informasi seperti itu lanjutnya akan menyebabkan terjadinya keresahan dikalangan korban gempa. Termasuk dengan berita-berita yang dianggap belum jelas kebenarannya,akan tapi oleh media kemudian ditulis.

“Janganlah berpolemik dengan masalah yang kecil kemudian dibesar-besarnya, karena itu akan menghambat kita untuk menuju NTB bangkit,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Ketua DPRD Lotim meminta kerjasama media massa untuk membantu melalui penulisan yang baik dalam setiap pemberitaan mengenai masalah penanganan gempa di NTB. Dengan satu tujuan untuk mempercepat pemulihan dari bencana gempa bumi menuju NTB bangkit.

“Marilah kita bersama-sama mewujudkan NTB bangkit,karena tanpa adanya itu mustahil akan bisa tercapai,” tutupnya. (TN-04)

 

Related Articles

Check Also

Close
Back to top button