Daerah

Pemda Loteng Siapkan Rp 4,6 Miliar Dan Bangun Rumah Tahan Gempa

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Daerah Lombok Tengah (Loteng) menyediakan anggaran Rp 4,6 Miliar untuk penanganan pasca gempa. Tidak hanya itu, Pemda Tatas Tahu Trasna itu rapat bersama tim Rekompak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta BNPB, untuk sosialisasi pembangunan rumah instan sederhana sehat (Risha) yang tahan gempa.

Hanya saja, sosialisasi sempat tertunda akibat diguncang Gempa susulan berkekuatan 5,1 SR pada Jumat (31/8) pukul 10.23 wita. Sehingga membuat peserta seperti Bupati, Sekda, dan kepala SKPD lainya panik berhamburan menyelamatkan diri.

“Saya minta semua rumah yang akan dibangun bagi korban gempa di Lombok Tengah itu harus tahan gempa,” ungkapnya Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT.

Sapaan Uhel itu mengajak semua pihak untuk bergotong royong membantu para korban gempa membersihkan puing bangunan yang rusak. Sehingga program Risha ini bisa diselesaikan sesuai dengan yang diharapkan.

“Mari kita berdayakan pola gotong royong untuk membantu para saudara kita yang tekena bencana ini. Anggota Yatopa Bodak pun saya turunkan untuk bergotong royong,” kata dia

Dia pertegas bentuk perhatian Pemda kepada masyarakat Lombok Tengah yang rumahya rusak kerana gempa itu. Pihaknya sudah menganggarkan dana sebesar Rp 4,6 miliar untuk penanganan pasca gempa bumi yang mengguncang Lombok Tengah khususnya.

“Kita sudah anggarka di APBP untuk penanganan pasca gempa ini,” terang dia.

Sementara itu, Tim Rekompak Kementerian PUPR, Teguh M Abduh mengatakan, Tim rekompak ini merupakan bagian dari Kementerian PUPR yang ditugaskan untuk membangun kembali rumah masyarakat yang rusak pasca bencana.

Tim remkompak ini juga sudah sudah bekerja membangun rumah pasca gempa di Jokjakarta, dan masyarakat sudah menyadari kontruksi rumah yang dibangun itu tahan gempa.

“Program Risha ini adalah hasil penelitian berkali untuk pembangunan rumah lebih cepat dan kuat, serta rumah ini juga tahan gempa,” tuturnya.

Untuk menyelesaikan program Risha bagi korban gempa ini lanjutnya, akan melibatkan CPNS jurusan Teknik sipil yang baru lulus. Mereka saat ini sedang dilatih untuk mendampingi pembangunan rumah tahan gempa tersebut.

“Anggaran dari pemerintah dihajatkan bagi korban gempa,” pungkasnya.(TN-03)

 

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!