Gempa Susulan 4,3 SR Kembali Guncang Lombok

Mataram, Talikanews.com – Gempa susulan kembali guncang masyarakat Lombok pada Senin, 13 Agustus 2018, pukul 09:42.23 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan 4,3 SR, terletak pada koordinat 8,27 LS dan 116,14 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km arah barat laut Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 12 km.

“Gempa itu tidak berpotensi tsunami, oleh sebab itu masyarakat di imbau tenang, jangan panik, ” ungkap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

Mengingat episenternya relatif sama dengan gempabumi yang terjadi pada 5 Agustus 2018 lalu, maka BMKG menyatakan bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi susulan (Aftershock) dari rangkaian gempabumi yang terjadi sebelumnya.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Mataram II SIG-BMKG (IV MMI), Tanjung II SIG-BMKG (III MMI), Lombok Tengah II SIG BMKG (II MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. (TN-04)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button