Rabu, Api Obor Asian Games Akan Berkobar Di BIL

Mataram, Talikanews.com – Api obor Asian Games ke XVIII bakal menyapa masyarakat Lombok Rabu (25/7). Sesuai jadwal akan tiba di Lombok International Airport (LIA) pada pukul 08:00 wita pagi hari. Api tersebut akan diterbangkan dari Bali menggunakan pesawat Hercules milik TNI AD sekitar pukul 07.20 wita pagi. Selanjutnya rombongan pembawa api obor dari Indonesia Asian Games Comitte (Inasgoc) akan mengunjungi desa Sade dan Kuta.

Perwakilan Inasgoc juga member of Ceremony kepantiaan pusat, Intan Narulita menjelaskan obor asian games itu akan singgah dan istirahat satu jam di Kuta setelah tiba di BIL. Setiba di Kuta, akan disambut Bupati Loteng.

Berikutnya di bawa ke Ampenan kota tua kemudian start menuju pendopo gubernur dan di nyalakan apinya di mini coldrone oleh Gubernur NTB. Intan Tidak menjelaskan siapa saja Artis yang akan ikut berlari namun dipastikan Menkomaritim akan menikmati pesona Api Obor tersebut di Lombok.

Begitupun untuk Atlit yang akan berlari pun belum bisa dirilis. Ia memastikan sejumlah nama itu baru bisa disampaikan beberapa jam sebelum puncak acara dimulai.

“Untuk titik larinya kami juga belum bisa rilis karena kami akan atur ulang lagi,” ungkap Perempaun berparas ayu itu saat beri Jumpa pers di Mataram.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora), Husnandiaty Nurdin menjelaskan, rangkaian acara pembawa api obor Asian Games mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Soal atlet pembawa api obor Asian Games kata dia, telah di seleksi dan total atlit sebanyak 17 orang atlit, sembilan orang atlit berasal dari NTB. Gubernur NTB beserta Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan di pastikan menjadi pelari pembawa api obor.

Penentuan kesembilan orang atlit pembawa api obor kata Husnandiaty telah melalui seleksi ketat. Kesembilan orang atlit ini merupakan atlit yang masih aktif maupun yang telah purna tugas.

“Jadi atlit pembawa api obor ini telah melalui seleksi ketat, mereka di seleksi dan di lihat track recordnya, bahkan catatan kriminal dari atlit ini juga jadi pertimbangan,” paparnya.

Ditempat yang sama juga, AKBP Jolmadi selaku Kabag Dalops Polda NTB mengatakan Polda NTB menerjunkan 7500 orang personil untuk mengawal dan mengamankan rombongan pembawa api obor Asian Games tersebut. Jumlah personil itu terdiri dari Pam luar seperti Lantas, Sabara dan Brimob dan juga Pam dalam yaitu intelijen.

“Seratis persen kami sudah siap mengamankan,” tegas Jolmadi.

Terpisah wakil ketua komisi V DPRD NTB, HMNS Kasdiono menyampaikan Api Obor itu merupakan semangat sportifitas dalam dunia olahrga selaian mewujudkan olahraga yang bermasyarakat juga masyarakat yang berolahraga. Selaku komisi yang menaungi olahraga tentu diharapkan akan kemabli muncul bibit bibit baru sebagai atletik dunia olahraga di NTB.

Kas mengatakan pihaknya pernah melalukan kirap obor pada Pekan Olahraga Provinsi di tahun 2010. NTB telah mampu menunjukkan semangat patriotik sejati dalam melanjutkan pilar pilar olahraga.
Momen Api Obor Asen Game ini tentu harua menajdi semangat kemabli agar pemerintah dalam hal ini Dispora NTB, KONI dan Cabor olahraga NTB lainnya dapat mencetak atletik baru lagi. Soal Anggaran Komisi V DPRD NTB telah bertekad agar dorongan penganggaran didewan lebih maksimal.

“Kita sudah siap dengan itu. Kita Suport lewat anggaran lebih,” pungkasnya. (TN-04)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button