Lombok Akan Dihadiri 32 Negara Untuk Konfrensi Ulama Internasional

Mataram, Talikanews.com – Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah konferensi ulama internasional yang akan di hadiri 500 ulama dari 32 negara. Kegiatan itu akan berlangsung tanggal 26-29 Juli mendatang, bertempat di Islamic Center.
Konfrensi tersebut akan membahas tentang moderasi islam pada perspektif mazhab ahlusunah waljamaah. Kegiatan itu kerjasama alumni Al Azhar dengan Pemprov NTB.

Ketua panitia konfrensi ulama internasional TGH Fauzan Zakaria menjelaskan ada beberapa kegiatan yang akan di lakukan selama konfrensi nanti, diantaranya adalah seminar dan diskusi tentang pemahaman islam moderat.

Pokok pembahasan yakni masalah pemahaman pandangan hukum islam dalam politik. Selain itu, menyangkut persoalan kekinian yang sedang di hadapi masyarakat Indonesia yang terkesan terpecah belah dalam pandangan politik.
Dimana, banyak kelompok yang menyalahkan kelompok lain karena berbeda pandangan politik. Oleh sebab itu, melalui seminar ini lanjut Fauzan Zakaria juga ketua BPPD NTB ini, akan bahas hukum islam dalam berpolitik menjadi salah satu topik utama.

Disinggung konfrensi itu akan bahas atau bentuk cara menggalang dukungan bagi TGB yang berniat maju pada bursa cawapres Jokowi. Fauzan menegaskan, tidak ada kaitan dan jajan pernah libatkan dengan politik 2019.

“Tidak ada kaitan antara langkah politik gubernur dengan agenda konfrensi ulama ini, meskipun beliau merupakan ketua alumni Al Azhar yang menginisiasi konfrensi ini, pertemuan ini murni membahas islam moderasi dari perspektif mazhab ahlusunah waljamaah,” paparnya.

Untuk diketahui tambah Fuazan, konfrensi ini dihadiri 32 negara diantaranya, negara negara timur tengah, Eropa dan Asia. Sementara dari dalam negeri juga akan di hadiri oleh ulama dari seluruh provinsi di Indonesia, perwakilan dari organisasi muslim seperti NU, Muhamadiyah dan ormas islam lainnya. (TN-04)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button