Loteng Kuatkan Komitmen Sukseskan Pendidikan Inklusi

Lombok Tengah, Talikanews.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terus menguatkan komitmen mensukseskan pendidikan inklusi, salah satunya dengan terus mengirim guru mengikuti perkuliahan luar biasa selama dua semester di Universitas Negeri Surabaya.

“Sekarang kami kirim enam orang,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng, H Sumum, diruang kerjanya.

Program ini tidak hanya kali ini saja dilaksanakan, melainkan sejak tahun 2014. Dimana, awalnya ia mengirim lima orang. Selanjutnya 13 orang dan seterusnya.

“Juni ini saja kami akan kirim enam orang,” terangnya.

Selanjutnya, ia tidak pernah membedakan baik itu guru negeri maupun honorer. Bahkan, dalam program ini ia sudah mengirim cukup banyak guru honorer untuk menimba ilmu perkuliahan luar biasa.

“Ini kami lakukan hanya semata-mata ingin melihat pendidikan inklusi sukses diterapkan di Loteng,” ujarnya.

Kemudian, selain mengirim guru menumpuh perkuliahan luar biasa, ia juga terus mendatangkan dosen dari Univesitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, praktisi inklusi dari Malang untuk memberikan pembekalan terhadap semua guru.

“Ini kami lakukan karena tidak ingin melihat anak yang berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendidikan yang layak,” terangnya.

Apalagi, mereka sampai tidak sekolah. Karena, mereka perlu ruang untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya agar bisa ikut terlibat aktif dalam berbagai bidang pembangunan.

“Kami himbau jangan sampai ada anak berkebutuhan khusus tidak sekolah,” imbuhnya. (TN-03)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button