Ekonomi

NTB Dipersiapkan Jadi Lumbung Jagung

Lombok Tengah, Talikanews.com – Provinsi NTB kenbali menjadi sorotan nasional. Kali ini di bidang pertanian khususnya tanaman jagung.

Menurut data dan informasi, tahun ini, NTB dicanangkan akan menjadi tempat menanam jagung seluas 100.000 hektare. Hal itu langsung menjadi program nasional.

Direktur Pengembangan Pertanian Kementan RI, Ir. H. Ali Jamil menegaskan, NTB berpotensi sebagai lokasi proyek nasional itu. Apalagi, ke depan, pemerintah berupaya tidak lagi menginpor jagung dari luar negeri, tetapi berencana melakukan ekspor ke sejumlah negara.

“Produksi jagung di NTB selain untuk menjaga stabilitas kebutuhan nasional, juga dicanangkan agar jumlah jagung impor nasional di Indonesia menurun,” ungkapnya saat menghadiri acara launching penanaman jagung 100.000 hektare di Ponpes Ta’limussibyan Bonder, Sabtu (12/5).

Sementara itu, Gubernur NTB, TGH. Zainul Majdi atau TGB dalam sambutannya mengatakan, pemerintah harus mengawal ketat program ini. Termasuk dengan membeli hasil tani berupa jagung dari para petani dengan harga yang pantas.

Dia menghitung, jika pemerintah berani membeli jagung petani dengan harga Rp. 3.100 per kilogram, sementara jumlah hasil jagung petani NTB mencapai 800.000 ton, maka hasil yang akan didapat tidak kurang dari Rp. 2,4 Triliyun.

“Jadi bapak dari Kementerian Pertanian, jangan merasa tugas bapak itu selesai sampai kasih bibit saja, dan selesai sampai penyuluhan saja, tapi dampingilah para petani kita,” tegas TGB. (CR.1-TN)

 

Related Articles

Back to top button