Aceh-Sumut Tumbangkan NTB – Bali Jadi Tuan Rumah PON

Mataram, Talikanews.com – Bidding penentuan sebagai tuan rumah PON XXI 2024 di KONI Pusat menghasilkan Provinsi Sumatera Utara dan Aceh sebagai pemenang dengan 24 voter menumbangkan Bali – NTB diangka delapan voter. 

Padahal, sebelumnya, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, Andi Hadiyanto sangat optimis NTB – Bali sebagai tuan rumah karena telah melakukan komunikasi dengan beberapa daerah.

Bahkan kata Andi, dari 33 KONI tersebar di seluruh Provinsi di Indonesia, 16 diantaranya sudah menyatakan siap dukung NTB-Bali. Hanya saja, apa yang disampaikan Andi Hadiyanto itu hanya isapan jempol.

Bagaimana tidak, pada bidding yang digelar KONI Pusat tanggal 24 April 2018 tadi, voter menentukan bahwa Sumatera Utara – Aceh ditetapkan sebagai tuan rumah PON XXI 2024 dengan perolehan suara 24, kemudian Bali – NTB sebanyak delapan dan Kalimantan Selatan ada dua voter.

Terkait hal itu, Wakil ketua DPRD Provinsi NTB, H Abdul Hadi yang ikut diacara bidding tersebut mengaku kekalahan itu. Kalaupun NTB sudah maksimal berusaha, dengan melakukan pendekatan ke KONI Pusat, DPD, DPR RI juga Provinsi Sumatera Selatan di Palembang.

“Mungkin, lobian Aceh dan Sumatera Utara lebih kuat, ” ungkapnya, Selasa (24/4).

Politisi PKS itu menegaskan, usaha yang pernah dilakukan merupakan ikhtiar dengan harapan NTB – Bali bisa jadi tuan rumah PON tersebut.
Akan tetapi, kandas saat bidding karena, Sumut dan Aceh, telah melakukan pendekatan sejak dua tahun lalu. Sedangkan NTB – Bali bisa dibilang empat bulan.

“Kita terima saja dan mendukung daerah terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan PON itu. Kami berharap semoga bermanfaat dan mencetak atlet terbaik Indonesia, ” ujarnya.

Dia mengaku, tema yang ditawarkan NTB adalah sport tourism dan culture. Karena, kedua daerah tersebut sangat mendukung kalau dari sisi pemandangan destinasi dan budaya yang dimiliki. Namun, semua itu tidak bisa menembus pemikiran daerah lain.

Disatu sisi, Wakil ketua Komisi V DPRD NTB yang membidangi olahraga, HMNS Kasdiono menegaskan, yang penting sudah Ikhtiar dan berusaha keras dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Kalau kita mau jujur, dari segala aspek terutama fasilitas, menurut saya, kita mengungguli semua. Tapi, mau bilang apalagi, “pesimisnya. (TN-04)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button