DPMD Diminta Jangan Persulit Pengesahan APBDes

Lombok Tengah, Talikanews.com – Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Lombok Tengah, Sahim meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk tidak mempersulit pengesahan APBDes. Artinya, ketika sudah dikoreksi ditingkat kecamatan, tidak usah dikoreksi lagi oleh dinas.

“DPMD tinggal mengesahkan saja,” katanya.

Lantas ucap Sahim, apa artinya pemberian kewenangan ke Kecamatan, kalau di koreksi kembali. Malah dari hasil koreksi, bukannya memberikan solusi, tapi menghambat Dana Desa keluar.

“Inilah yang membuat kebanyakan desa belum menyelesaikan APBDesnya,” ujarnya.

Buktinya, hingga kini belum ada program yang jalan satu pun di desa. Karena, gara-gara APBDes yang belum disahkan. Untuk itu, ia berharap agar DPMD bisa segera menyelesaiakan persoalan yang terjadi terhadap APBDes di sejumlah desa.

“Jangan hanya menyalahkan, lantas tidak diberikan solusi,” tegasnya.

Sementara, Kepala DPMD Loteng, Jalaludin mengatakan, tidak ada maksud untuk menghalangi atau mengotak atik APBDes yang sudah sesuai dengan hasil kesepakatan di desa. Hanya saja, jangan sampai kesalahan yang ada di APBDes itu akan berdampak kepada persoalan hokum.

“Buktinya ada beberapa poin yang kita temukan keliru dalam penyusunan APBDes, seperti kode akun yang salah, nama program yang keliru dan standar harga yang tidak sesuai dengan standar di Kabupaten,” terangnya.

Namun, sejauh ini sudah 60 desa yang sudah selesai. Sisanya sedang dalam perbaikan. Sehingga minggu pertama April diprediksi sudah rampung semuanya. “Insya Allah Mei sudah mulai bisa dijalankan program yang ada di desa,” pungkasnya. (TN-03)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button