Dana Pembebasan Lahan Ruas Praya-Biao Masih Kurang Rp 5,2 Miliar

Lombok Tengah, Talikanews.comKomisi III DPRD Lombok Tengah melakukan Monev pembebasan lahan ruas Praya-Biao, kemarin. Alhasil, ditemukan dana pembebasan lahan masih kurang sebesar Rp 5,2 miliar dari anggaran yang disedikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah Rp 41 miliar tahun 2017.

Ketua Komisi III DPRD Loteng, H Mayuki mengatakan, kekurangan itu disebabkan adanya evaluasi atas kekeliruan dalam penghitungan yang dilakukan tim apparaisal di beberapa rumah warga. Sehingga, menyebabkan adanya penambahan dana sebesar Rp 5 miliar dalam pembebasan lahan tersebut.

“Kami sepakat akan memberikan tambahan itu di APBDP tahun 2018,” ungkapnya.

Pasalnya kata Mayuki, persoalan ini harus segera dituntaskan, sehingga tidak menjadi penghambat terhadap pengerjaan fisik nantinya.

Tapi, permasalahan ini tidak menghalangi proses pengerjaannya. Bahkan, informasinya dalam waktu dekat ini akan dikerjakan.

“Kita harap tahun 2018 ini sudah rampung pengerjaan fisiknya,” harapnya.

Sementara, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Loteng, Suardi mengatakan, sebenarnya kekurangannya Rp 5,2 miliar. Ini terjadi di 7 warga, seperti di sebelah timur jembatan Karang Lebah, kelurahan Tiwu Galih.

“Ini tidak akan menghambat, malah dari informasi Bagian Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (BP2JN) awal April ini akan mulai dikerjakan,” terangnya.

Karena, akhir Maret ini proses lelangnya harus sudah selesai. Sehingga, ia menghimbau kepada masyarakat yang belum merobohkan rumahnya agar segera menyelesaikannya. Apalagi, kesepakatan awal dulu setelah pembayaran dilakukan, ketika itu bulan Desember sampai Januari, satu bulan setelah itu warga sudah merobohkan rumahnya.

“Kita berharap bulan ini sudah bersih (dirobohkan), sehingga ketika proses pengerjaan dimulai, sudah tidak ada masalah,” harapnya.

Diketahui, di proses perencanaan, jalur Praya-Biao itu akan dijadikan dua jalur dengan panjang 1,5 km dan lebar mencapai 20,5 meter. (TN-03)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button