Lombok Tengah Akan Canangkan Parkir Elektronik

Lombok Tengah, Talikanews.com – Terkait peraturan daerah di bidang restribusi parkir umum, sebagai penambahan untuk anggaran daerah, Pemerintah Daerah Lombok Tengah dalam waktu dekat ini akan mencanangkan parkir elektronik atau e-parkir.

Disamping untuk meningkatkan pendapatan daerah, e-parkir ini juga dapat meningkatkan disiplin masyarakat sehingga tidak menempatkan kendaraannya sembarangan tempat tanpa memberikan distribusi sebagai anggaran untuk meningkatkan pembangunan Lombok Tengah.

Dalam rangka percepatan pembangunan daerah khususnya pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah, selain anggaran pembangunan yang didapat dari APBN, pemerintah daerah juga perlu melaksanakan pembangunan/yang dananya tersebut bersumber dari murni anggaran daerah atau PAD.

Salah satu pendapatan daerah yang cukup membantu adalah dana yang berasal dari distribusi parkir umum, menurut Sekda Lombok Tengah H Nursiah, hal ini dilakukan selain menambah anggaran terhadap daerah juga dalam rangka untuk mencegah terjadinya kebocoran pungutan retribusi dari parkir yang kebanyakan banyak terjadi parkir liar yang tidak masuk ke PAD Lombok Tengah.

“ Hal ini untuk mengantisipasi aparat nakal yang bisa saja kerap bermain yang diduga bermain melaui beberapa wilayah areal parkir, dengan tidak memberikan karcis kepada petugas parkir agar tidak masuk ke PAD ” ungkapnya.

Sehingga pemerintah daerah Lombok Tengah dalam dekat ini akan mencanangkan e-parkir, sementara e-parkir sendiri akan diterapkan disekitar wilayah area publik seperti di beberapa lokasi pertokoan Kota Praya, daerah wisata, arena rekreasi umum serta sejumlah lokasi fasilitas umum lainnya yang ada di kawasan Lombok Tengah.

Perda parkir melalui e-parkir ini sendiri cukup menjadi perhatian pemerintah daerah, pasalnya selama ini banyak dugaan dana restribusi parkir jarang masuk ke kas daerah, retribusi parkir ini sendiri sesuai Perda Lombok Tengah pasal 2 tahun 2011 tentang jenis restribusi umum. (TN-01)

Related Articles

Back to top button