Padang Rumput Bandara Sultan Muammad Kaharuddin Sumbawa Terbakar

Talikanews.com – Lahan kering yang di tumbuhi rerumputan dan ilalang di sekitar landasan pacu Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Brang Biji Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat terbakar, Minggu (17/9) sore.
       Kapolres Sumbawa AKBP Yusuf Sutejo, Sik MT saat dihubungi melalui telepon dari Mataram, membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. “Lahan yang terbakar dimungkinkan karena ada yang buang puntung rokok sembarangan di pinggiran bandara,” kata Kapolres Sumbawa AKBP Yusuf Sutejo, Sik MT.
       Ia mengungkapkan, dari laporan yang diterimanya, kebakaran lahan yang terjadi di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Brang Biji, terjadi pada Minggu (17/9) pukul 16.30 Wita. Di mana kebakaran tersebut, terjadi di areal padang rumput di sekitar landasan pacu bandara yang dalam kondisi kering akibat musim kemarau.
       “Api dengan cepat membesar karena hembusan angin kencang sehingga api cepat meluas,” ujarnya. Namun saat ini, lanjut Yusuf Sutejo, api sudah berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Sumbawa bersama pemadam kebakaran milik bandara diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan lahan yang terbakar.
       “Kobaran api sudah berhasil dipadamkan dalam waktu dua jam,” tegas Kapolres Sumbawa. Ia menambahkan, dari peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil. Bahkan, meski lahan di areal landasan pacu terbakar, aktifitas penerbangan di bandara tersebut tetap berjalan normal dan tidak terganggu.
      Sedangkan, untyk penyebab pasti kebakaran, ungkap Kapolres, pihaknya menduga diakibatkan adanya puntung rokok yang di buang sembarangan di sekitar lokasi kebakaran. Karena lokasi tempat terbakar berada di pinggir jalan raya di tambah kondisi rumput sangat kering akibat kemarau, sehingga menyebabkan api cepat membesar. (TN-01)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button